Langsung ke konten utama

Cara ternak Lovebird


   Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini dan bisa d bilang mudah dan murah dlm perawatannya. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Disamping warnanya yang cantik burung ini juga bisa digunakan untuk lomba. Untuk bisa sukses berternak Lovebird, anda diharuskan mengetahui beberapa faktor-faktor penting yang akan mendukung kesuksesan pengembangbiakan burung, diantaranya adalah:
    Memilih Jenis Kelamin Lovebird 
a. Betina biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
b. Jenis betina memiliki tulang panggul /sapitan yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.
c. Kaki milik Lovebird betina akan sedikit renggang dibandingkan pejantan.
d. Jangan tertipu dengan lovebird yang sudah perpasangan.Terkadang Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya.
e. Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.
f. Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.
   Perhatikan gambar- gambar berikut:



   Usia Produktif Seekor Lovebird pejantan sudah siap untuk membuahi minimal pada usia 8 bulan. Sedangkan untuk betina idealnya berusia 1 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan umur 7 bulan lovebird sudah mulai produksi.

   Sangkar Lovebird Dalam hal ini ada 2 metode yang bisa d pilih, yaitu menggunakan metode kandang kotak dan dengan metode polier.Masing-masing metode mempunyai kelebihan dan kekurangan,ntah dari segi kebersihan ataupun keefektifannya.
1.Metode kandang kotak Metode ini digunakan dalam ternak lovebide dengan sistem perpasang.jadi setiap satu kandang dihuni satu pasang lovebird.ukuran kandang kira-kira 40x40x40(cm)/50x50x50(cm)

kelebihan dari metode ini adalah: Lovebird tidak bertukar pasangan Biji-bijian/pakan lovebird hemat Anda bisa mengetahui masing-masing karakter burung sehingga anda juga dapat mengetahui perlakuan yang tepat untuk masing-masing burung Mudah dalam penanganan penyakit Sedangkan kekurangannya adalah: Jika semakin banyak anda ternak Lovebird semaking lama pula waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kandang Semakin banyak Lovebird semakin bnyak punya kandang yang dibutuhkan
2.metode polier/koloni 

Kelebihan dari metode ini adalah: Satu polier bisa dihuni lebih dari 1pasang Lovebird,tergantung ukuran polier Hemat waktu dalam pembersihan polier Sedangkan kekurangannya adalah: Sulit dalam penanganan penyakit, apalagi penyakit menular Boros pakan, karena burung banyak bergerak sehingga lebih mudah lapar Tidak menutup kemungkinan Lovebird bisa bertukar pasangan Kemudian setelah anda menentukan metode yang akan digunakan, jangan lupa untuk memberikan tempat bertelur (sarang) anda bisa membuatnya dari kotak yang berukuran 20 x 25 x 25 cm.Anda bisa mengisinya dengan daun kering, rumput kering atau sobekan kain, anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji yang tidak terlalu berbau. Serbuk gergaji akan berfungsi untuk menyerap setiap kotoran atau sesuatu yang lembab. Jenis burung ini sangat suka bertengger sehingga usahakan untuk tidak lupa memberikannya tempat bertengger, bisa terbuat dari kayu atau ranting Mengawinkan Lovebird Setelah anda menentukan usia Lovebird pejantan maupun betina, biasanya mereka sudah siap untuk kawin. Untuk Lovebird jantan, usia ideal adalah 8 bulan, dan untuk yang betina biasanya saat mencapai usia 1 tahun. Tempatkan mereka didalam satu kandang, biasanya mereka akan kawin, namun juka mereka saling mnyakiti/berkelahi sebaiknya dipisahkan atau d ganti dengan pasangan yang lain agar tidak ada yang terluka atau bahkan mati.jika mereka sudah kawin,kanemudian hasilnya bisa kita lihat antara 3 hingga 10 hari setelah perkawinan terjadi. Sedangkan waktu pengeraman berlangsung antara 22 hingga 25 hari. Proses mengeram tersebut sebaiknya jangan diganggu, kecuali apabila anak burung diabaikan oleh induknya

Mkanan Anak Lovebird Ada banyak jenis makanan untuk anak Lovebird yang bisa ditemukan di toko-toko pakan. Namun, apabila anda kesulitan untuk menemukan makanan khusus untuk anak-anak Lovebird, ada baiknya anda menggantinya dengan Bubur instan untuk bayi seperti Bubur SUN.Berikan pula multivitamin untuk menjaga kesehatan burung. Cara pemanfaatannya cukup sederhana, pertama siapkan Bubur SUN, kemudian tambahkan air hangat secukupnya, aduk hingga encer dan merata, kemudian, anda bisa menggunakan bantuan suntikan tanpa jarum untuk meloloh anak-anak burung.

   Cukup sekian sedikit ilmu yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Terimakasih,


Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menampilkan efek sentuhan pada hp Xiaomi

   Kembali lagi ke blog saya  inginkupintar.blogspot.com ,Kali ini saya ingin menyampaikan caramenampilkan efek sentuh pada android.  Caranya cukup mudah yaitu : 1. Masuk ke "setting" atau "setelan" 2.pilih "setelan tambahan" 3.pilih "opsi pengembang" atau"developer options" secrol ke bawah ,aktifkan "tampilkan ketukan"    Apabila opsi pengembang/developer options tidak ada, tidak usah kwatir.berikilut cara menampilkan opsi pengembang/developer options: 1. Masuk "setting" atau "setelan. 2.pilih "tentang telepon" atau "about phone" 3.ketuk sebanyak 7x pada tulisan "veesi MIUI" sampai ada tulisan "anda sekarang adalah seorang pengembang"      Mungkin hanya itu yang bisa sampaikan, apabila anda masih bingung. Bisa tontin video berikut: NB: jangan lupa like,subscribe, dan komen video saya, agar saya bisa lebih memberi manfaat bagi rekan2 sekalian.